Mahasiswa Sastra Inggris IAIN Surakarta Juara Tiga Kompetisi Film Pendek Kominfo

By Admin

nusakini.com--Mahasiswa Sastra Inggris IAIN Surakarta berhasil menjadi juara tiga ajang Kompetisi Konten Kreatif Film Pendek yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo). Adalah Literatroops, kumpulan mahasiswa semester 2 penggemar film pimpinan Reva Alfitrianto yang berhasil mengharumkan nama kampus IAIN Surakarta di ajang nasional. 

Kompetisi film pendek ini digelar dalam rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila. Dikutip dari laman IAIN Surakarta, Jumat (09/06), sutradara film pendek IAIN Surakata Reva mengaku tidak menyangka bahwa Literatroops akan meraih juara. Sebab, waktu syuting sangat pendek dan kompetisinya juga berskala nasional. 

Literatroops dalam ajang itu menyajikan film pendek dengan tajuk "Biarkan Kami Berbeda". Film ini berkisah tentang fakta keragaman Indonesia dan pentingnya menjaga pluralitas yang ada. 

Dosen Sastra Inggris sekaligus inisiator keikutsertaan Literatroops dalam ajang ini Lukfianka Sanjaya Purnama mengatakan, bahwa kemenangan ini menguatkan posisi Sastra Inggris IAIN Surakarta. Menurut Dosen yang akrab dipanggil Pak J ini, kemenangan Literatrops memiliki branding perpaduan kebahasaan dan kesusastraan dengan industri kreatif. 

"Konten kreatif berbasis film pendek adalah salah satu bidang yang dibidik oleh Sastra Inggris IAIN Surakarta," ujarnya. 

Hal senada diungkapkan Kajur Sastra Inggris IAIN Surakarta Lilik Untari. Dia menyambut baik kemenangan Reva dan teman-temannya. Menurutnya, sejak semester satu, mahasiswa Sastra Inggris sudah dibiasakan ikut kompetisi di berbagai ajang kreatif, antara lain melalui kompetisi antar kelas dalam ACES (Annual Competition of English Students). Dari situ, diharapkan mahasiswa menjadi lebih percaya diri saat berkompetisi di luar. 

Atas keberhasilan ini, Reva sebagai perwakilan dari Literatroops diundang ke Jakarta pada Selasa, 6 Juni 2017 untuk menerima penghargaan dari panitia penyelenggara. (p/ab)